Salesmanship

DELAPAN LANGKAH KUNJUNGAN SALESMAN


Menjadi Salesman akan selalu berhubungan dengan yang namanya  TARGET., dann untuk mencapai target haruslah terlebih dahulu memiliki customer akan lebih baik jika memiliki customer tetap atau biasa disebut langganan.
Bagi Salesman senior pasti sudah memahami bagaimana berinteraksi dengan langganan agar menghasilkan order yang maksimal, tetapi belum tentu  bagi seseorang yang baru terjun di dunia Sales ( Salesman Junior ).
Dibawah saya uraikan tahap-tahap yang harus dilakukan oleh Salesman dalam melakukan order ke customer baik customer tetap maupun customer baru. Tahap-tahap ini biasa disebut dengan "Delapan langkah kunjungan Salesman"

1. Persiapan
Sebelum melakukan kunjungan atau order terlebih dahulu lakukan persiapan yang meliputi :
     - Route Kunjungan
     - Daftar langganan yang akan di kunjungi 
     - Daftar Harga Product
     - Program Promosi yang berjalan

2. Pendekatan
Lakukan pendekatan dengan calon pembeli kita, pendekatan yang dilakukan biasanya meliputi :
     - Salam sapa ( kesan pertama terhadap Salesman sangat menentukan calon pembeli melakukan order )
     - Perkenalan 

3. Cek Stock
Kontrol stock berguna untuk menentukan nilai order sekaligus mengetahui product-product Bad Stock baik product rusak maupun product Expired.

4. Presentasi
Tahap ini adalah tahap paling penting, karena presentasi kita akan sangat menentukan customer untuk membeli product kita. Hal - hal harus diperhatikan dalam melakukan presentasi :
     - Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan presentasi ( jangan melakukan presentasi pada saat customer sedang sibuk )
     - Pahami karakter Customer
     - Lakukan presentasi secara bertahap ( jangan loncat-loncat )
     - Berbicaralah dengan mantap ( jangan ragu-ragu ) 
     - Kesankan kita mengetahui secara mendalam product yang kita tawarkan
     - Selalu bersikap sopan, bersahabat & menghormati customer 
     - Jawablah pertanyaan customer sesuai pertanyaan ( jangan muter-muter)

5. Penutup Penjualan
Setelah Customer melakukan order lakukan penutup penjualan dengan pertanyaan tertutup.
Misalnya : Pak / Ibu product yang bapak/ibu order senilai Rp.2000.000,- dengan pembayaran tunai dan akan kita kirimkan dua hari kedepan.

6. Pemajangan / Display
Agar product kita bisa laku dan dilihat oleh konsumen maka sebaiknay dilakukan pemajangan terhadap product tersebut. ( langkah ini dilakukan jika langganan kita membeli product untuk dijual lagi )

7.Administrasi
Seorang Salesman handal bukan hanya pandai menjual, tetapi juga harus menguasai administrasi

8. Evaluasi
Proses lanjut dari tahap administrasi adalah evaluasi. Hal-hal yang harus di evaluasi :
      - Route Kunjungan 
      - Target
      - Jumlah Customer aktif / non aktif
      - dll


Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar