Setting Target Salesman


Membuat Target merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah, akan tetapi sebaiknya penentuan Target harus didasarkan pada hal-hal yang objective. Apa saja hal-hal yang menjadi dasar pembuatan Target ? 


1. History
Faktor History merupakan hal yang paling umum digunakan untuk menentukan Target, dan tidak jarang mengabaikan faktor-faktor lain. Parameter yang dijadikan acuan biasanya adalah :

  •     History penjualan tahun sebelumnya
  •     Average penjualan 3 bulan atau 6 bulan sebelumnya
  •     Penjualan tertinggi periode sebelumnya

2. Ambisi
Faktor ambisi jarang sekali digunakan dalam melakukan setting target, hanya orang-orang yang memiliki agresivitas tinggi mau memasukan faktor ambisi.  Bisa dipastikan target yang tercipta dengan memasukan faktor ambisi pasti akan lebih besar jika dibandingkan dengan target yang hanya memakai acuan history.



3. Potensi
Sealin history dan ambisi, potensi area juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam melakukan setting target.
History Sales yang terjadi belum tentu merupakan potensi ares sesungguhnya, dalam hal ini kita harus benar-benar memahami dan menguasai area. Cara yang paling mudah adalah dengan menganalisa data dari Lembaga Survey misalnya survey Nielsen. 
Cukup 3 Survey Nielsen yang bisa kita jadikan acuan dalam menentukan target :
  •    Market share
  •    Numeric Distribution
  •    Weighted Distribution
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar