Guidden MARKET VISIT KE PASAR TRADITIONAL

Melakukan kunjungan ke Pasar atau isitilah kerenya Market Visit, adalah keseharian pekerjaan yang harus dilakukan oleh Team penjualan ( baca: Team Sales ) Dari level Salesman, Supervisor & Manager market visit merupakan kewajiban yang harus dilakukan.
Market visit yang dilakukan oleh Salesman sudah pasti untuk mendapatkan order dalam upaya mencapai Target yang diberikan oleh Management. Sementara market visit yang dilakukan oleh Supervisor maupun Manager objectivenya akan berbeda dengan yang dilakukan oleh Salesman.
Disini kita akan membicarakan tentang market visit yang dilakukan oleh Supervisor Sales, ataupun Manager Sales.
Sebelum melakukan visit, hukumnya WAJIB bagi seorang Supervisor ataupun Manager terlebih dahulu menentukan Focus & Objective dari Visit tersebut, karena banyak sekali kita jumpai seorang Supervisor bahkan seorang Sales Manager “kebingungan” saat di tanya “ Apa hasil Visitnya”. Jawaban yang terlontar kadang-kadang malah bikin kita bingung. Gimana nggak bingung lha wong objective market Visitnya juga nggak jelas.
Jika kita sudah menentukan Focus dan Objective market visit, sebaiknya dirumuskan informasi apa sajakah yang diharapkan diperoleh dari Pasar, seperti bagaimana :
  1. Kunjungan yang dilakukan oleh Salesman
  2. Bagaimana pola kunjungan Salesman Kompetitor
  3. Delivery Servicenya
  4. Apakah outlet mengetahui Hari Kunjungan Salesman
  5. Apakah outlet mengetahui program-program yang berjalan
  6. Efektivitas terhadap program yang berjalan ( jika ada )
  7. Bagaimana aktivitas promosi yang dilakukan kompetitor
  8. Bagaimana Availabillity product kita dibanding kompetitor
  9. Bagaiman alur pendistribusian product dari outlet –> Bagaimana product berada di outlet.
  10. Brand apa yang menjadi Market Leader di Pasar tersebut
  11. Apa yan menjadi factor succes product tersebut sehingga bisa menjadi Leader
  12. Sejauh mana kompetisi yang terjadi
  13. Bagaimana penerimaan konsumen terhadap product kita, terhadap consumer promo yang berjalan ( jika ada )
  14. Fasilitas apa saja yang diberikan oleh Kompetitor ( TOP, Reward, Discount dll )
  15. Memenangkan Pasar ( mencari masukan untuk memenangkan kompetisi )
  16. dll
Setelah informasi-informasi tersebut kita peroleh, selanjutnya kita buat Summary dan dilakukan analisa. Next adalah PLANING……
TINDAKAN APAKAH YANG PALING TEPAT DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN SALES

1 komentar: