Pengetahuan Dasar menjadi Manager

Pekerjaan Seorang Manager Penjualan 


Seorang karyawan mengomentari pekerjaan Manager yang menjadi pimpinannya : 
" Payah,...bosku kerjanya cuma bisa ngatur-ngatur saja, nggak ada kerjaan lain yang dilakukanya " 

Bagi orang yang sudah berada di level Managerial, maka tidak akan heran & akan bersikap dewasa terhadap komentar - komentar seperti itu. Karena salah satu pekerjaan seorang Manager adalah mengatur atau lebih tepatnya mengelola.

Sesuai namanya, tugas utama seorang Manager adalah Memanage atau Mengelola, jadi seorang Manager adalah seseorang yang menyelesaikan pekerjaanya melalui orang lain.
( Fungsi Umum Manager )

Jika anda seorang Manager Penjualan / Sales Manager, maka tugas anda adalah mencapai Target penjualan melalui orang lain / Team Penjualan / Team Sales. Jika seorang Manager Penjualan mendapatkan lebih banyak order daripada Team Penjualan, kemudian tanpa orderan anda tersebut Target anda tidak bisa tercapai, maka mohon maaf anda hanyalah Seorang Salesman yang diberikan Jabatan "Manager". Anda belum bisa memanage Team Sales anda untuk mencapai Target yang diberikan.

Beberapa hal mendasar yang harus dilakukan seorang Manager adalah :

1. Menjadi " Jembatan Penghubung" antara Team Sales dengan Management
Seorang Manager Penjualan harus mampu ,menerjemahkan ide-ide dan tujuan Management kepada Team Penjualan dengan bahasa yang dapat diterima dan dimengerti. 
Pada saat yang sama, seorang Manager Penjualan juga harus mampu menerjemahkan aspirasi, permintaan, kebutuhan & keinginan Team Penjual kedalam bahasa yang dapat diterima dan dimengerti oleh Management 

2. Membuat Rencana ( Planning )
Seorang Manager Penjualan harus mampu memvisualisasikan keadaan - keadaan saat ini. Dan yang terpenting adalah visualisasi keaadaan masa depan.
Misalnya :
     - Apa yang akan dicapai 1 - 2 tahun kedepan
     - Bagaimana Kompetisinya
     - Apa yang menjadi kebutuhan 
     - Dan lain-lain
Jika anda sudah bisa menvisualisasikan kondisinya, maka selanjutnya yang diperlukan adalah RENCANA ( Planning ) - apa saja yang perlu dilakukan langkah demi langkah.
Saya tidak akan berpanjang-panjang membahas bagaimana membuat rencana / Planning, akan ada 4 hal yang harus diperhatikan terhadap rencana tersebut yaitu :
     - Rencana yang dibuat haruslah masuk akal
     - Bisa di capai 
     - Result / Hasil dari rencana tersebut bisa diukur keberhasilanya -> akan lebih baik dibuat KPI 
     - Waktunya jelas  / harus ada dead line

Tidak ada komentar:

Posting Komentar