" Inilah Salesman "

Penjualan Berhasil Ditutup Bahkan Sebelum Presentasi di Lakukan


Kisah nyata seorang Salesman Junior bernama Charlie.
Setelah menyelesaikan pelatihan sebagai Salesman, CEO Charlie ingin memastikan apakah Charlie sudah siap secara mental untuk menjadi Salesman.

Charlie diberikan tantangan untuk menemui calon pelanggan.Yaitu seorang pimpinan Perusahaan di kantor seberang. Pimpinan kantor seberang adalah teman CEO Charlie dan sudah di briefing untuk menyulitkan Charlie dengan berbagai keberatan, sementara Charlie sendiri tidak mengetahui rencana "test mental" tersebut.

Bos Charlie mengatakan :
" Pimpinan Perusahaan dikantor seberang adalah orang yang paling besar mulut, dia akan menolakmu dengan kata-kata kasar, tetapi sebenarnya ia berhati lembut. Jadi kamu hanya perlu mendengarkan mulut besarnya dan apapun yang dikatanya kamu harus menjawab " Ya Pak saya mengerti. Ini adalah penawaran kami yang terbaik, dan kami belum pernah memberikan penawaran ini kepada Kien kami yang lain. Saya menyarankan Bapak untuk menikmati keuntungan yang kami tawarkan dengan melakukan order pada hari ini".

Benar saja, sesampainya di kantor seberang Charlie mendapatkan caci maki dan kata-kata kasar. Akan tetapi Charlie tetap mendengarkan dan berkata sesuai petunjuk bosnya. Alhasil setelah 25 menit, pimpinan perusahaan seberang menyetujui penawaran Charlie dan menandatangani order penawaranya.

Dengan wajah tersenyum Charlie memberikan surat order dari kantor seberang kepada bosnya.Betapa terkejut Bos Charlie melihat nama yang tertera pada order penawaran, ternyata Charlie telah pergi ke kantor yang salah dan menemui calon orang yang salah. Orang  yang ditemui Charlie bukanlah teman Bos Charlie yang telah  di briefing sebelumnya. Orang tersebut benar-benar orang yang bermulut besar, kasar dan paling tidak disukai. Bertahun-tahun Salesman Senior dikantor Charlie mencoba menjual ke orang tersebut akan tetapi tidak seorangpun Salesman yang mampu bertahan lebih dari 5 menit mendengarkan kata-kata kasarnya. Akan tetapi seorang Charlie yang baru selesai pelatihan mampu mendapatkan order dari orang tersebut dalam waktu 25 menit.

Menurut anda, dimana dan kapankah penjualan itu terjadi......?

Penjualan tersebut sudah terjadi SEBELUM Charlie sempat melangkah menuju perusahaan kantor seberang.

Didalam pikiran Charlie, ini adalah penjualan yang pasti akan berhasil. Ia hanya perlu bartahan dari semua keberatan dan penolakan. Ia telah membayangkan dirinya bertahan mengatasi semua keberatan dan penolakan. Ia telah membayangkan dirinya berhasil melakukan penjualan.

Jadi.....
APA YANG DIBAYANGKAN OLEH PIKIRAN ANDA, TUBUH ANDA AKAN BERGERAK UNTUK MEWUJUDKAN BAYANGAN ITU.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar